Goodbye Jakarta !



Sejarah Wacana Pemindahan Ibukota

Pemindahan ibukota yang saat ini ramai diperbincangkan, bukanlah sebuah wacana yang benar-benar baru. Sejak jaman pemerintahan Soekarno pun rencana ini pernah disampaikan. Bahkan, pemindahan ibukota ke Yogyakarta sempat terjadi kala itu, tepatnya 4 Januari 1946.

Pemindahan Ibukota secara permanen telah didiskusikan sejak era Presiden Soekarno hingga Susilo Bambang Yudhoyono. Di era pemerintahannya, SBY mendukung pemindahan pusat politik dan pusat administrasi Indonesia ini dengan alasan overpopulasi dan masalah lingkungan.


Alasan Pindah Ibukota Kick off di Era Jokowi

"Pada kesempatan yang bersejarah ini, dengan memohon ridho Allah SWT, dengan ini saya memohon ijin untuk memindahkan Ibukota Negara kita.. Ke pulau Kalimantan."

"Hal ini", lanjut Jokowi, "demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi."

Alasan yang dikemukakan Presiden Jokowi bukanlah tentang masalah overpopulasi dan masalah lingkungan seperti yang disampaikan presiden sebelumnya, SBY. Dalam pidato kenegaraannya Jokowi lebih mengedepankan alasan ekonomi dalam hal ini.

Dilansir dari laman TEMPO.CO, hal lain disampaikan oleh Jokowi yakni “Kita di sini (Jakarta) terancam gempa bumi, banjir, pergerakan atau penurunan muka tanah, macet, dan polusi udara,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut dalam wawancara dengan Tempo pada Senin, 19 Agustus 2019.

(Muby)

Comments