MUKADIMAH | BACKPACKERAN SENDIRI KE SULAWESI SELATAN ! (#NEKATRIP)

 

 

Tak pernah terpikirkan sebelumnya saya bisa pergi dan menyelesaikan sendiri petualangan ke Sulawesi Selatan di tahun ini, 2023. Padahal sebelumnya saya pesimis karena rencana tahun 2020 ke Makasar batal dan gagal total karena pandemi, tiket pesawat dan jasa open trip pun direfund penuh. 

Dalam perjalanan Sulawesi Selatan ini saya beri judul #Nekatrip - From Sea to Summit, yang artinya dari laut ke puncak. Meski ditengah perjalanan saya sempat merasakan takut dan lelah, tapi saya benci kata menyerah. Akhirnya berhasil juga, Toh!

Bagi sebagian orang mungkin, Ah biasa saja itu perjalanan kek gitu. Tapi bagi saya ini luar biasa. Persiapan matang dari mulai menyusun rencana perjalanan, budget, hingga pengadaan perlengkapan dan peralatan sudah saya atur dengan baik sampai hal terkecil sekalipun.

Saya akan mulai menceritakan dari 30 hari sebelum keberangkatan dan dibagi pada beberapa judul blog ya. Alur cerita yang tersaji dari setiap judul blog akan cepat. Karena saya menulis blog kalau lagi senggang saja dan curi-curi waktu. Saya lebih banyak di editing video dan diunggah ke platform sbb :

tiktok : @mubyholic

instagram : @muby_khaliq  

dan youtube : Muby Khaliq

silakan dinikmati ya, gratis.

 


 

Ini adalah bagian awal dari seluruh perjalanan saya. Bagian yang saya akan mulai kisahkan yaitu mukadimah (ini), tips pembelian tiket Garuda murah meriah, tips pembuatan itinerary ala backpacker kere Sulawesi Selatan, dan lainnya. Saya akan menuliskan tips didalamnya karena saya ingin berbagi saja.

Selamat mengikuti ceritanya!

(muby)

Baca juga :

Awal Mula Rencana Backpacker Sendiri ke Sulawesi Selatan

Tips Penting! Persiapan Backpacker Sendiri ke Sulawesi Selatan

Tata Cara SOP Menyusun Itinerary Hemat, Tepat, Akurat

Tips Packing.. Ala Backpacker.. Serba Muat!! Explore Sulawesi Selatan

Aturan Dasar Membuat DaftarPerlengkapan Solo Backpacker

Media Sosial :

https://tiktok.com/@mubyholic

https://instagram.com/muby_khaliq

https://youtube.com/@MubyKhaliq


Comments