Nekatrip Sulsel 4 | Daftar Perlengkapan, Peralatan, dan Perbekalan (3P) Solo Backpacker Sulawesi Selatan


 

Aduh... lupa senter ga kebawa..

Yaah, baju kurang.. mana mau snorkeling, huh!

Colokan mana ya perasaan udah dimasukin tas, deh..

Sobat Backpacker Nekatrip! Itulah contohnya kalo kita menyepelekan persiapan dan meremehkan pencatatan serta list perlengkapan. Serba ketinggalan, ini kurang, itu gak ada, onoh gak kebawa. Gak mau kan pas start backpacker beli ini itu disetiap lokasi ? boncos yang ada.. hehehe.

Nah ini adalah tips buat kita mempersiapkan perlengkapan :

1. Jangan males nyatet : nah ini yang paling sering kejadian, kita terlalu pede mengandalkan ingetan kita padahal 2 menit kemudian begitu kedistract hal lain langsung lupa. Begitu inget, catet. Saran sih catet di HP aja yakan yang gampang, tapi saya lebih suka nyatet konvensional deh pakai pulpen dan buku.

2. Urutin dari yang nempel di badan dulu : baju, celana, sepatu itu yang primer ya. Baru lanjut ke dalemannya : kaos, kolor, the changcuters, kaos kaki dan seterusnya. Kuncinya yaitu yang nempel di badan dulu dah didata. Aksesoris bangsa kacamata item, headset, belakangan.

3. Dikali jumlah hari : setelah kita nulis yang nempel di badan luar, langsung dikali berapa hari. Misal mau backpacker 8 hari ya dikali 8.. Baju 8, celana 8 (bisa 4 sih kalo sanggup make 2 hari), kolor 8, dll serba 8.

4. Masuk ke bagian aksesoris primer, artinya aksesoris yang kalo ga ada, lu bakal kesulitan : Topi, manset, buff, jaket/sweater, dll., yang ini ga usah dikali 8 ya. Masing-masing 1 aja.

5. Masuk ke bagian aksesoris sekunder : kacamata item, headset, sapu tangan, dll.

6. Nah ini paling penting : Alat mandi, sabun cair masukin ke wadah plastik kecil setiap hari 1 wadah, jadi sistemnya abis buang. Sampo juga sama. Odol juga sama. nah ini dikali jumlah total hari lagi = 8. Jadi sabun cair, sampo, odol = 8 plastik kecil. Kecuali kalo kamu mandiholic sehari 2x ya itung aja dah.


 

7. Obat obatan : ini sunnah sih, kalo lu ngerasa gamau beli disana nah siapin aja disini. Obat flu standar paracetamol, vitamin C, tolak angin dan diapet misal tiba tiba salah makan trus besrat besrot kan repot ya. Khusus vitamin C dikali jumlah hari = 8 ya krn setiap hari 1 supaya jaga kondisi tubuh kita. Tolak angin kalo mau joss ya sehari 2, pagi dan malem.

8. Kelistrikan dan perkabelan : colokan terminal, colokan T nya jangan lupa, casan, dll. Usahakan yang simpel dan ga makan tempat ya. Nih saya kasih contoh colokan terminal saya bisa 5.

9. Alat Fotografi : gak wajib-wajib amat, tapi krn saya niat bikin konten disana sedetail dan seapik mungkin maka dari Kajarta udah disiapin tongsis monopod 1,8 meter berkaki 4 tapi bisa jadi tongsis tapi bisa jadi tripod, gitu pokoknya ya.

10. Alat snorkeling, tenda, trekking pole, bendera merah putih, bantal tiup, sleeping bag, pisau lipat, lampu bakpau, matras prasout dll.

Udah kayaknya.. tambahin dah.

Muby - Nekatrip 

Baca juga :

Awal Mula Rencana Backpacker Sendiri ke Sulawesi Selatan

Tips Penting! Persiapan Backpacker Sendiri ke Sulawesi Selatan

Tata Cara SOP Menyusun Itinerary Hemat, Tepat, Akurat

Tips Packing.. Ala Backpacker.. Serba Muat!! Explore Sulawesi Selatan

Aturan Dasar Membuat DaftarPerlengkapan Solo Backpacker

Media Sosial :

https://tiktok.com/@mubyholic

https://instagram.com/muby_khaliq

https://youtube.com/@MubyKhaliq

Comments