Indonesia Jadi 'Sasaran Empuk' Pemberitaan Asing Pasca Separuh Pulau Jawa Mati Listrik


Indonesia menjadi sorotan media asing setelah separuh pulau Jawa mengalami mati listrik yang disebabkan oleh terganggunya transmisi Ungaran-Pemalang 500kV.

Pemadaman listrik sejak pukul 11.45 WIB (04.45, GMT+7) mengakibatkan seluruh wilayah Jabodetabek, sebagian wilayah Jawa Barat dan Jawa tengah nyaris lumpuh selama 6 jam bahkan beberapa wilayah hingga 12 jam lamanya.

Industri dan Fasilitas umum yang terkena dampak langsung dari pemadaman listrik ini antara lain :
  • Telekomunikasi : Ribuan BTS terganggu yang mengakibatkan jaringan 4G, 3G dan 2G turut terdampak, beberapa provider seperti Telkomsel, Indosat dan XL  dsb menyampaikan permintaan maaf.
  • Transportasi : Kereta Commuter Indonesia (KCI/KRL) dan kereta jarak jauh mengalami penon-aktifan selama listrik belum kembali normal, pihak Corporate Communication masing-masing sudah menyatakan permohonan maaf. Sementara transportasi online terganggu akibat kegagalan mengakses internet.
  • Ritel : Hampir seluruh mall yang terdampak pemadaman listrik, berupaya untuk menggunakan energi listrik cadangan dari generator, namun demi menghemat daya beberapa mall mematikan AC. Selain mall, Indomaret dan Alfamart banyak yang tutup lebih awal, begitupun dengan pelayanan di beberapa SPBU dihentikan lebih awal.

Saking luasnya dampak dari pemadaman ini, membuat media asing turut menyoroti Indonesia, khususnya Ibukota Jakarta. Beberapa media asing bahkan sempat mengejek Jakarta dengan kalimat yang halus.

Dikutip dari bbc.com, berita yang ditulis dengan headline "Indonesia blackout : Huge outage hits Jakarta and surrounding area". Dalam artikelnya berisi pula sindiran halus yang berbunyi "Pemadaman listrik memang sering terjadi di Jakarta, namun yang kemarin adalah yang terlama".

Selain itu, dari aljazeera.com juga menuliskan berita dengan headline "Tens of millions of people were affected by the outage which plunged buildings across Jakarta into darkness".  Pada artikel yang ditayangkan sekitar pukul 01.00 dinihari tadi, aljazeera.com juga merilis informasi bahwa bandara dan rumah sakit tidak terdampak, hanya yang paling terasa adalah para penumpang transportasi massal, seperti Kereta Commuter Indonesia.

Sementara itu, publik Australia dikabarkan oleh pemberitaan dari The Sydney Morning Herald, smh.com.au, yang merilis sebuah artikel berjudul "Massive Blackout affects tens of millions across Indonesia". Tulisan nyeleneh dari penulisnya bahkan menyebutkan hastag #matilampu menjadi trending topic di sosial media Indonesia, saking masyarakat kesal karena tidak bisa mengakses internet selama 6-12 jam lamanya.

Well, Indonesia kembali menjadi sorotan media asing dengan kejadian pemadaman listrik tanggal 04 Agustus 2019 kemarin, semoga Indonesia melalui menteri ESDM mampu mengambil hikmah dan pelajaran yang berharga dari kejadian ini. (MN)

@muby_khaliq

Sumber :
https://www.bbc.com/news/world-asia-49227033
https://www.aljazeera.com/news/2019/08/power-restored-areas-indonesia-capital-9-hours-190804150443690.html
https://www.smh.com.au/world/asia/massive-blackout-affects-tens-of-millions-across-indonesia-20190804-p52dqe.html

Comments