Lomba TBCCI atau The Best Contact Center Indonesia adalah sebuah ajang perlombaan tingkat nasional pada bidang contact center. Lomba ini digagas oleh Bapak Andi Anugrah yang sekaligus menjadi ketua Indonesia Contact Center Association (ICCA). Lomba TBCCI sendiri sudah dilaksanakan sejak tahun 2007 dan dalam perjalanannya telah berhasil memberikan pendidikan terbaik bagi para praktisi contact center.
Tahapan lomba TBCCI yaitu presentasi dan tes tertulis. Para peserta diwajibkan untuk membuat materi sesuai template yang disediakan, kemudian mempresentasikannya didepan dewan juri yang berasal dari kalangan praktisi, akademisi dan umum. Tahapan tes tertulis tak kalah menegangkan, karena soal yang disiapkan panitia sangat teknis mengenai contact center, sehingga menuntut para peserta agar terus mengembangkan pengetahuannya.
Tulisan ini akan memaparkan tips menyusun presentasi lomba TBCCI demi mendapat nilai sempurna dari dewan juri.
1. Profil : merupakan slide pertama yang berisi identitas pribadi seperti nama, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir dan pekerjaan/posisi saat ini. Slide ini merupakan gerbang pembuka "hati" dewan juri. Tak jarang para peserta menggunakan slide animasi dan visualisasi yang atraktif. Konon, jika slide pertama sudah berhasil memikat juri maka itu akan memudahkan peserta pada slide-slide berikutnya. Berikut ini tips saat mempresentasikan slide pertama ini :
- Spill & Spoiler : Anda menyampaikan sepotong dari inti pesan presentasi atau pengalaman pelayanan, tujuannya agar juri penasaran dan menunggu-nunggu hingga akhir presentasi.
- Powerfull Question : Anda melempar pertanyaan yang jawabannya ada didalam presentasi.
- Fakta Menarik : Anda mengemukakan fakta yang belum banyak diketahui orang.
- Story Telling : Anda menceritakan kisah menarik sesuai topik materi.
- Quotes : Anda membacakan quotes dari orang terkenal yang mendukung topik materi
- Skenario “What if” : Anda mengutarakan skenario “Bagaimana jika ?”
- Statistik : Anda menggunakan data valid yang menunjang topik presentasi.
2. Tugas dan Tanggungjawab. Slide ini menjelaskan minimal 3 tugas dan tanggungjawab peserta pada pekerjaannya. Satu tips jitu pada slide ini adalah :
- Pada setiap poin, gunakan 2 parameter tugas dan tanggungjawab lalu gabungkan dalam 1 kalimat dan sebutkan targetnya, contoh : Sebagai agent inbound, saya bertugas untuk melayani informasi, permintaan bahkan keluhan yang disampaikan pelanggan, kemudian saya bertanggungjawab untuk mencatat didalam aplikasi customer relationship management. Target harian saya adalah 65 calls dengan waktu pelayanan maksimal 4 menit.
- Pada slide, tulislah dengan bahasa dan istilah yang berbeda dengan yang kita ucapkan, contoh : Information, Request & Complaint with Max. AHT 4 min. Save to CRM immediately.
- Ingat, contoh diatas adalah baru 1 dari 3. Jika menerapkan tips ini, juri akan terpukau karena peserta memberikan 6 tugas dan tanggungjawab beserta targetnya yang menunjukkan seberapa effort dan menantang kesehariannya itu.
- Kebanyakan peserta pemula hanya terpaku pada 3 poin saja yaitu : Tugas dan tanggungjawab saya yang pertama adalah memberikan informasi, yang kedua adalah melayani permintaan, dan ketiga adalah menerima keluhan. Tentu juri tidak melihat hal yang spesial jika menggunakan ini. Hindari ya.
3. Kompetensi. Slide ini menjelaskan minimal 3 kompetensi yang dimiliki peserta. Tips jitu pada slide ini adalah :
- Jangan hanya 3 tapi gunakan rumus 2 in 1 lagi dan sertakan penjelasan singkat, contoh : "Untuk menjalankan tugas dan tanggungjawab dengan baik, saya memiliki berbagai kompetensi, yang pertama yaitu Taking Points Skill with Understanding Customer Situation. Saya mampu menyimpulkan poin-poin penting yang disampaikan customer serta memahami dengan baik situasi yang dialaminya".
- Pada slide, ini sebaiknya kompetensi berkorelasi dengan tugas dan tanggungjawab. Sehingga juri merasakan bahwa kompetensi peserta ini memang pas untuk pekerjaannya.
- Biasanya peserta pemula hanya mencantumkan Listening Skills pada kompetensi pertama ini. Sementara contoh yang saya sampaikan adalah bahasa yang lebih keren didengar juri dan bikin mereka terpukau.
Nah sampai sini dulu ya, tunggu kelanjutannya pada part II.
Muby
 |
2015, 2016 & 2019 menjadi peserta. |
|
 |
2015, 2016 & 2019 menjadi peserta. |
 |
2017, menjadi panitia dan MC Gala Dinner. |
 |
Sejak 2018, membantu orang-orang mencapai mimpinya. |

Close up dulu ahh
Comments
Post a Comment