Skip to main content

Memperbaiki Fusible Link Box Toyota RAV4 GEN 2 yang Putus : Harus Pakai Solder Heavy Duty ini Mah!

 

Fusible Link Box Toyota RAV4 Gen 2 (2000-2005) (Om Didit)

"Semangat pagi brothers RAV4, ada yang tau persamaan box fusible link dengan Toyota apakah?"

Obrolan di whatsapp group Toyota RAV4 Owners Indonesia pagi itu dimulai dengan pertanyaan dari salah satu member dari Bandung, Om Didit. Beliau melempar pertanyaan yang cukup jarang terjadi di forum RAV4 Owners Indonesia yaitu tentang Fusible Link Box RAV4. Entah karena ada masalah putus atau lain hal.

Kalau diingat-ingat, salah satu member -sebut saja Om Yogi Jakarta- pernah mengalami trouble sekering utama ini putus. Om Dimas Bogor menjawab :

  • RAV4 Dimas Bogor : Kemarin om Yogi jadinya disolder ya ? 
  • RAV4 Yogi Jakarta : Iya om, sambung pakai kabel kawat tembaga. Ini masih dipakai, Alhamdulillah aman2 saja, smoga aman seterusnya.

Knp, Om Didit? Korslet kah? sambung Om Yogi yang pernah mengalami masalah korslet di fusible link box.  

Om Yogi langsung menunjukkan sebuah gambar yang kelihatannya itu adalah dalaman dari sekering besar itu :

Komponen Dalam Fusible Link Box yang Putus (Om Yogi)

"Ini punya saya putus di situ karena sempat salah kutub pas lg liyeur jumper aki". Lanjut Om Yogi dengan penuh semangat memberi tahu member lain.

Terlihat dari gambar yang diberi lingkaran komponennya putus, penyebab putusnya sekering besar ini bisa bermacam-macam, yang jelas fungsinya sama seperti sekering pada umumnya dan jika sebuah sekering mendapat beban lebih dari normalnya, maka untuk keamanan sekering ini akan memutus arus. Kira-kira begitu.

Beberapa member pun mulai ikut nimbrung dalam obrolan, saling berbagi informasi.

  • Om Cahyo : di lakukan solder bisa om. kemarin saya juga seperti itu. jadi di jumper/disambung dan ada beberapa sikring yang putus, 
  • Om Aris : Punya saya sempet putus juga om, waktu itu disolder aman sampe sekarang.

Om Aris lantas memberikan gambar dengan kondisi sudah disambung solder, namun Om Aris berbagi tips yaitu harus menggunakan solder heavy duty, bukan yang untuk alat elektronik. Hmm kenapa ya ?

Disambung pakai solder heavy duty (Om Aris).

"Solder yang heavy duty om, jangan solder perangkat elektronik" kata Om Aris sambil mengirim gambar ini. 

Nah ternyata, alasannya itu cukup masuk akal. Menurut Om Aris, jika disolder pakai timah biasa dan alat solder biasa maka tidak akan kuat dan akan cepat meleleh lagi. Maklum, ini kan sekering utama dari aki mobil. Jadi bisa sangat panas sampai melelehkan timah. 

"Pertama saya coba solder yang biasa untuk elektronik, gakuat panas putus lagi. Akhirnya sama mekanik disolder heavy duty kaya di foto" pungkas Om Aris.

Om Didit sang pembuat diskusi Fusible Link Box ini pun membagikan pengalamannya setelah menyambung sekering. 

Ada info menarik, setelah disambung kawat, pengaruh signifikan ke Akselerasi dan perpindahan gigi automatic, artinya besaran aliran listrik ke ECU pengatur sistem jadi lebih bagus...

#mungkin 😁😂🙏

Ha.. ha.. ha.. kalau bener begini, untuk darurat sih memang bisa dicoba ya! Tapi sambil cari mekanik yang ahli dan berpengalaman.

Terakhir Om Yogi membagikan tips juga yang menurutnya tidak boleh ada korslet lagi dari jalur utama yang melewati fusible link box ini, kenapa ? 

"..karena ukuran ampere nya jadi ga standar, kalo korslet nya bablas ke perangkat electricalnya berabe ya om 😁 " Tutup Om Yogi.

Nah itulah manfaat adanya grup WA yang dimiliki para member Toyota RAV4 Owners Indonesia. Selain banyak informasi yang bisa didapat, banyak juga event yang bisa diikuti untuk sekedar saling kenal, sapa, dan mengakrabkan diri. Apalagi kalau sudah sering kopdar dan kumpul, informasi-informasi mendetail lainnya bisa lebih mudah didapatkan dari member yang sudah saling kenal. 


(Muby)

 

Comments