Skip to main content

Konsep dan Miskonsepsi Unitlink, Nasabah : Pasti untung!

Asuransi Unitlink merupakan produk asuransi yang menggabungkan antara perlindungan asuransi dengan investasi. Jadi ketika Anda memutuskan untuk membeli produk asuransi unitlink, maka Anda mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu manfaat perlindungan asuransi dan memiliki efek manfaat investasi. OJK mendefinisikan unitlink sebagai PAYDI atau Produk Asuransi Yang Dikaitkan dengan Investasi. Kok bisa gitu?

Sebagian dari Anda mungkin ada yang sudah memiliki investasi baik berupa properti (tanah dan bangunan), deposito, saham, obligasi, dan lain sebagainya. Namun sebagian lagi juga ada yang masih bingung apa itu investasi dan apa itu liabilitas. Jika diibaratkan investasi itu adalah aktivitas menggunakan uang agar nilainya -minimal- tidak habis oleh inflasi, bahkan diharapkan mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Liabilitas adalah kebalikannya, kita harus terus mengeluarkan biaya untuk mempertahankan barang tersebut tanpa adanya kenaikan harga barang itu di masa mendatang, bahkan cenderung menurun.

Balik ke Asuransi PAYDI. Atau unitlink, sama saja ya. Premi yang dibayarkan jika Anda memutuskan membeli asuransi unitlink tidak semuanya akan digunakan untuk manfaat perlindungan. Namun sebagian (persentase tertentu) digunakan untuk "diputar" kembali, alias diinvestasikan supaya nilainya -harapannya- berkembang di masa yang akan datang. Tentu hal ini merupakan sesuatu yang sifatnya tidak pasti. Ibarat kita jualan telur, kadang harga murah di musim tertentu, kadang melambung tinggi pada momen lainnya, menjelang hari raya misalnya. 

Cara kerja asuransi PAYDI sebenarnya tidaklah terlalu kompleks, kita bahkan bisa memahaminya semudah mencerna cara memasak mie rebus dengan sekali membaca. Tapi Anda harus membacanya pelan-pelan.

Begini, nasabah membayar sejumlah premi kepada penanggung (perusahaan asuransi). Kemudian oleh si penanggung, premi tersebut dialokasikan kepada dua hal: proteksi asuransi, dan sisanya dialokasikan kedalam instrumen investasi seperi saham, obligasi atau reksadana. Nah, premi yang alokasinya untuk investasi tersebut dikonversikan satuan nilainya, bukan lagi disebut rupiah, namun disebut sebagai 'unit' dalam suatu dana investasi. Setiap unit memiliki Nilai Aktiva Bersih (NAB) yang akan berfluktuasi naik turun sesuai kinerja pasar investasi, tergantung kondisi pasar, seperti analogi pedagang telur tadi, kadang murah, kadang mahal.

Siapa yang mengurus investasi tersebut? jawaban simpelnya Penanggung, ya perusahaan asuransi. Tetapi nasabah akan menerima laporan kinerja investasinya secara berkala. Ya laporan itu tentunya mengenai kinerja unit dan nilai investasinya dong.

Lalu, kalau modelnya seperti itu apakah asuransi PAYDI itu menguntungkan atau sebaliknya ?

Banyak stigma keliru yang terbentuk di benak para pemilik asuransi PAYDI ini. Salah satu contoh misalnya, pemilik polis asuransi PAYDI sangat yakin bahwa nilai investasinya akan terus meningkat hari demi hari, bulan demi bulan, dan tahun demi tahun. Darimanakah stigma itu terbentuk? hampir dapat dipastikan dari orang pertama yang mengenalkan asuransi PAYDI kepadanya, dengan informasi yang minim dan dibalut kepentingan target penjualan.

Berikut adalah kekeliruan pemahaman tentang asuransi PAYDI yang sering kita temui :

  • Unitlink/PAYDI sama dengan investasi saham, padahal ini samasekali berbeda. Uang premi yang dialokasikan ke investasi tidak sama seperti Anda membeli saham langsung dari perusahaan.
  • Hasil investasi PAYDI dijamin keuntungannya. Tidak. Jelas tidak. Jika ada seseorang yang menjamin hasil investasi maka hampir dapat dipastikan penjelasannya itu berlebihan. Ingat saja analogi telur.
  • Asuransi PAYDI mengurangi manfaat asuransi. Tidak. Justru produk ini dirancang agar nasabah dapat memiliki keduanya secara bersamaan, yaitu proteksi asuransi yang bagus dan potensi pertumbuhan investasi.
Sebagai customer service asuransi, tuliskanlah kira-kira kekeliruan pemahaman apa lagi yang sering Anda temui saat menghadapi nasabah PAYDI dan bagaimana cara Anda menjelaskan serta meluruskan pemahaman nasabah ?

Tulis jawaban di kolom komentar dan tambahkan nama serta unit kerja Anda!
(contoh format: nasabah mengira PAYDI akan selalu menguntungkan, padahal sebenarnya.........) 

Muby
Maret 2025

Comments

  1. nasabah mengira PAYDI akan selalu menguntungkan, nasabah yang sering saya temui mengira bahwa PAYDI sama dengan menabung namun terus meningkat dan tidak mungkin mengalami penurunan. padahal sebenarnya PAYDI bersifat fluktuatif yang nilainya bisa naik maupun turun mengikuti harga saham, kinerja pasar saham serta jenis dana investasi yang nasabah miliki. saya seringkali menjelaskan menyesuaikan dari jenis dana investasi yang dimiliki oleh nasabah, saya menjelaskan kondisi investasi yang dimiliki oleh nasabah menyesuaikan kondisi pasar saham yang sedang terjadi saat ini.
    jika nasabah sudah memahami profil resiko ketika mendaftarkan PAYDI, seharusnya kesalahpahaman terkait produk ini tidak terjadi. maka, saya jelaskan kepada nasabah bahwa asuransi PAYDI ini menguntungkan karena ada proteksi asuransi yang diberikan serta nasabah juga mendapatkan manfaat investasi yang dikelola dari alokasi pembayaran premi.

    ReplyDelete
  2. Erni Yuliani (WalkIn)
    Nasabah PAYDI yang serig datang ke layanan Walk-In selalu menuntut hasil perkembangan yang dijanjikan oleh pemasar diawal dengan bunga yg besar sesuai ilustrasi awal, kami selalu menjelaskan bahwa jenis asuransi PAYDI ini perkembangan investasinya mengacu pada harga saham yg sifatnya fluktuatif. Lalu dalam polis PAYDI juga terdapat biaya asuransi & biaya administrasi yg dilakukan pemotongan setiap bulan dari saldo investasi, sehingga saldo yg terbentuk saat nasbaah datang besaranya tidak sesuai dengan ilustrasi awal yg di janjikan oleh pemasar.

    ReplyDelete
  3. Tiwi QC
    Sering sekali nasabah salah paham terkait, Premi yang Dibayar Hanya untuk jumlah Investasi.Beberapa nasabah berpikir bahwa seluruh premi yang dibayarkan sepenuhnya digunakan untuk investasi, padahal sebagian dari premi tersebut digunakan untuk membayar biaya asuransi dan biaya lainnya seperti biaya akuisisi, biaya administrasi, atau biaya pengelolaan investasi.

    Sebagai seorang customer service,
    saya akan menginformasikan bahwa sebagian dari premi yang dibayarkan digunakan untuk biaya asuransi, dan biaya administrasi termasuk biaya untuk perlindungan jiwa atau kesehatan bagi nasabah Hanya sisanya yang dialokasikan untuk investasi. Selain itu juga saya akan menginformasikan memberikan penjelasan mengenai berbagai biaya yang ada pada produk unitlink adanya biaya akuisisi.
    Oleh karena itu, nilai investasi tidak akan langsung setara dengan premi yang dibayarkan.

    ReplyDelete
  4. Tidak sedikit pemasar menjual produk PAYDI ke nasabah dengan konsep tabungan berjangka dengan mengiming imingi nominal perkembangan insvestasi yg cukup besar pada tahun tahun tertentu. Dan pemasar sering tidak menjelaskan di produk PAYDI itu ada biaya COI dan COA setiap bulannya, terus jika nasabah menarik dana sewaktu2 juga tidak dijelaskan dikenakan juga biaya ataupun jika nasabah mau tutup polis juga dikenakan biaya.

    Miss selling ini sering banget terjadi kepada nasabah, apakah memang Pemasar ini yg dikejar2 target yg tinggi tiap bulan sehingga asal closing, capai target dan tidak memperdulikan komplain nasalah kedepannya atau apakah memang Pemasar ini yang tidak paham dengan produk yang mereka jual.

    saya sebagai Helpline sering mengedukasi kan ke pemasar tentang biaya2 polis ketika sudah issued, dan juga sering menjelaskan terkait prosedur-prosedur ketentuan after salles. Secara edukatif kita memberikan penjelasan sesingkat2nya namun bisa dimengerti oleh pemasar.

    ReplyDelete
  5. Nasabah Paydi sering menanyakan terkait dengan nilai investasi ke layanan Live Chat dan menanyakan mengapa nilai investasi tidak seperti yang dibayarkan dari awal mulai asuransi dan mengapa selalu menurun. Saya sebagai customer service menjelaskan bahwa nilai investasi bersifat fulkulatif dan berubah-ubah setiap harinya mengikuti harga saham, terdapat biaya administrasi setiap bulannya, bukan bersifat seperti menabung dan uang premi yang dibayarkan.

    ReplyDelete
  6. Mela_ Inbound
    Nasabah sering kali menghubungi layanan CC untuk menanyakan mengapa nilai saldo investasi tidak seperti penawaran yang ditawarkan oleh pihak pemasar bahkan cenderung menurun. Sebagai customer service saya menjelaskan bahwa untuk produk asuransi yang diikuti sifat nya bukan seperti menabung karena untuk nilai saldo investasi setiap harinya bersifat fluktuatif dan dipengaruhi oleh nilai saham, saya juga menjelaskan bahwa setiap bulan nya terdapat biaya polis yaitu biaya administrasi dan biaya asuransi yang setiap bulan nya diperhitungkan dari nilai saldo investasi yang terbentuk.

    ReplyDelete
  7. Nasabah mengira asuransi unit link itu menguntungkan. Padahal asuransi unit link yang di mana nilai investasinya itu bersifat fluktuatif.

    Selain itu juga terdapat biaya administrasi dan biaya asuransi.

    Untuk setiap premi yang dibayarkan juga tidak 100% masuk ke dalam investasi semuanya (terdapat alokasi) beserta terdapat biaya lain (surrennder, penarikan dana sebagian, dan top up sekaligus).

    Peserta terlalu fokus dengan ilustrasi yang diberikan oleh pemasar
    Itu yang sering ditemukan pada nasabah yang memiliki asuransi unit link.

    ReplyDelete
  8. Perdiyan Suciyani16 March 2025 at 05:17

    Seringkali Nasabah hanya fokus pada ilustrasi pengembangan dana yang dijelaskan pada saat penawaran, namun kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan Nasabah karena mungkin itu salah satu trik agar agent tersebut closing dan bisa mencapai target.

    Tugas kita sebagai Cso pastinya menginformasikan terkait berapa alokasi dana yang diinvestasikan dari premi yang Nasabah bayarkan serta menginformasikan biaya-biaya apa saja yang terdapat dalam polis tersebut.

    ReplyDelete
  9. Rizki QC

    Nasabah PAYDI mengira bahwa asuransi unitlink itu menguntungkan namun pada kenyataannya tidak selalu menguntungkan. Bahkan ada yang mengira bahwa sama seperti menabung yang jelas-jelas asuransi unitlink sangat berbeda dengan menabung. Sebagai CSO menginformasikan bahwa asuransi unitlink bersifat fluktuatif atau tidak pasti, kadang mengalami keuntungan maupun kerugian. Dan sebagian uang dikeluarkan tidak seluruhnya diletakkan pada investasi namun ada yang diletakkan untuk uang pertanggungan.

    ReplyDelete
  10. Sebagai customer service asuransi, saya sering menemui keluhan dan kekeliruan pada pemahaman yang umum terjadi di kalangan nasabah PAYDI.

    Seperti kekeliruan pemahaman dimana nasabah berpikir bahwa premi asuransi dapat dikembalikan jika tidak ada klaim. Nasabah berpikir bahwa pembayaran premi dapat dilakukan secara tunai, dan nasabah berpikir bahwa klaim asuransi dapat diajukan kapan saja.

    Cara meluruskan pemahaman nasabah yaitu dengan mendengarkan keluhan dan pertanyaan nasabah dengan teliti untuk memahami kekeliruan pemahaman mereka dan menawarkan solusi yang tepat untuk kekeliruan pemahaman nasabah, seperti mengubah jangka waktu asuransi atau membantu dengan proses klaim.

    Dengan cara-cara tersebut, saya dapat membantu nasabah PAYDI memahami informasi tentang asuransi dengan lebih baik dan menghindari kekeliruan pemahaman yang umum terjadi.

    ReplyDelete
  11. Muhammad Salsabil16 March 2025 at 06:46

    Beberapa dari nasabah mengira bahwa seluruh premi yang mereka bayar akan langsung menjadi dana investasi.

    Sebagai CSO saya berusaha menjelaskan bahwa premi yang dibayarkan sebagian digunakan untuk biaya asuransi, seperti perlindungan jiwa atau kesehatan, dan sebagian lainnya dialokasikan untuk investasi. Jadi, tidak seluruh premi langsung menjadi dana investasi.

    ReplyDelete
  12. Nasabah terkadang tidak mengetahui bahwa nilai investasi tersebut bersifat fulkuatif (berubah-ubah) dan nasabah tidak mengetahui bahwa asuransi PAYDI memberikan perlindungan finansial untuk nasabaah itu sendiri.

    Kami sebagai cso dapat menjelaskaan kepada nasabah itu sendiri untuk nilai investasi fulkuatif dan berubah-ubaah mengikuti harga saham, memiliki biaya administrasi setiap bulannua dan tidak bersifat seperti menabung.

    ReplyDelete
  13. Firka-correspondence16 March 2025 at 06:54

    Nasabah sering berfikir kalo asuransi paydi sama seperti menabung atau menguntungkan. Namun setelah nasabah mengikuti asuransi tersebut langsung komplain dikarenakan nilai investasi yang selalu menurun.

    Kami sebagai cs menjelaskan kalau asuransi yg di ikuti dan nilai investasi yg terbentuk mengikuti nilai saham setiap harinya dan bukan seperti sistem menabung.

    ReplyDelete
  14. Hera - Koresponden Email16 March 2025 at 06:58

    Nasabah yang sering saya temui mengira bahwa polis unit link yang dia miliki bersifat akan selalu menguntungkan dan menanyakan mengapa nilainya berbeda dengan pada saat melakukan pembayaran pertama.

    Atas hal tersebut, saya sebagai CSO menjelaskan bahwa nilai investasi itu bersifat fluktuatif dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun untuk polis unit link terdapat biaya-biaya. Dijelaskan juga untuk manfaat polis yang dimiliki sesuai dengan ketentuan produknya.

    ReplyDelete
  15. Edi Retention individu16 March 2025 at 07:05

    Nasabah yang mengajukan surrender atau penutupan polis dengan berbagai alasan terkait produk ini adalah nasabah miliki akan mendapatkan keuntung di akhir masa pembayaran, dengan penjelasan yang diberikan pemasar pada saat pembuatan asuransi.

    Nyatanya yang didapatkan nasabah tidak sesuai dengan yang disampaikan pemasar beserta keuntungan yang di janjikan. saya selaku team retention individu mencoba menjelaskan kembali secara detail bawasan nya untuk produk yang di miliki nasabah memiliki 2 manfaat, berupa manfaat hidup berupa nilai investasi dan manfaat tutup usia berupa uang pertanggungan yang di persiapkan kepada ahli waris untuk jangka panjang kedepan nya.bukan hanya saja inbestasi,namun ada perlindungan jiwa jangka panjang. Terkhusus manfaat hidup berupa nilai investasi nasabah dapat melakukan WTH di kala nasabah sedang membutuhkan dana tanpa harus di lakukan penutupan polis asuransi. Dan nasabah pun dapat meningkatkan saldo investasi nya dengan melakukan TOP UP.

    Oleh karna itu produk yang dimiliki masih tetap bisa bermanfaat untuk nasabah itu sendiri baik manfaat hidup saat ini maupun manfaat tutup usia untuk jangka panjang kedepan nya.

    ReplyDelete
  16. Dea Alpira Siregar - Koresponden Email16 March 2025 at 07:09

    Banyak nasabah yang keliru dalam memahami asuransi PAYDI, seringkali menganggapnya sebagai produk tabungan. Mereka merasa tidak puas dengan fluktuasi nilai investasi yang terjadi. Untuk mengatasi kesalahpahaman ini, saya sering memberikan edukasi bahwa nilai investasi dalam PAYDI bersifat fluktuaktif mengikuti pergerakan harga saham sesuai dengan jenis dana investasi yang dipilih.

    Penting untuk dipahami bahwa PAYDI adalah produk asuransi yang terintegrasi dengan investasi, berbeda dengan tabungan atau asuransi tradisional. Asuransi ini menawarkan keuntungan bagi nasabah melalui perlindungan terhadap risiko kematian serta manfaat dari hasil investasi yang diperoleh. Dengan demikian, nasabah dapat merasakan manfaat dari produk ini, yaitu perlindungan finansial dan potensi pertumbuhan nilai investasi.

    ReplyDelete
  17. Ica Nurcahyati - Corespondence Live Chat16 March 2025 at 07:38

    Nasabah seringkali masih salah paham tentang asuransi unit link, mengira bahwa ini seperti tabungan yang pasti bertambah nilainya. Padahal, unit link itu gabungan antara asuransi dan investasi, di mana nilai investasi bisa naik atau turun tergantung performa pasar. Jadi, bukan berarti saldo akan terus bertambah seperti di tabungan biasa.

    Sebagai customer care, saya sering mengedukasi nasabah bahwa unit link merupakan produk yang memiliki proteksi dan nilai investasi yang bersifat fluktuatif. Kalau pasar sedang turun, nilai investasi juga bisa berkurang dan kalau tidak dipahami sejak awal, bisa timbul kekecewaan ketika nilai saldo tidak sesuai harapan. Oleh karena itu, harus memahami bahwa produk PAYDI merupakan produk proteksi yang disertai investasi dengan risiko.

    ReplyDelete
  18. Syarifah Zahidah Hasanah - Admin CR & Retention16 March 2025 at 16:11

    Nasabah sering salah paham terkait produk PAYDI, selama melakukan welcoming call, nasabah selalu merasa ini adalah produk yang diikuti berkaitan dengan pinjaman di BNI atau memang murni mengikuti namun mindseat nya adalah tabungan jangka panjang, sebagai Customer Sevice saya akan memberikan pemahan PAYDI sesui ketentuan produk yang sebenarnya, mulai dari informasi manfaat, alokasi premi yang dibayarkan untuk apa saja, dan biaya - biaya agar nasabah bisa paham bahwa tujuan utama produk asuransi ini adalah untuk untuk melindungi jiwa nasabah namun ada nilai investasinya.
    Sebagai Customer Service saya juga akan menginformasikan bahwa produk ini selain manfaat utama yaitu perlindungan jiwa dengan UP yang tinggi dan investasi ada juga tambahan asuransi kesehatan atau tambahan untuk UP. Pada produk ini juga nasabah bisa memantau sejauh mana perkembangan investasinya, jika membutuhkan dana bisa lakukan penarikan dana sebagian tanpa harus terbebani untuk membayar seperti hutang, jika merasa produk PAYDI ini masa pembayaran premi terlalu lama nasabah bisa merubahnya sesuai kebutuhan walaupun nantinya merubah UP. Jika nasabah ingin memaksimalkannya pun untuk investasi dapat dilakukan Top Up Sekaligus.
    Jika nasabah sudah paham inti dari pentingnya produk ini dan begitu banyak manfaat dibanding produk lain, nasabah pasti akan bertahan untuk tetap mengikuti produk ini dengan pemahaman yang memang sebenarnya sesuai dengan ketentuan polis ini.

    ReplyDelete

Post a Comment