Beberapa hari lalu perusahaan tempat kami bekerja telah mulai melakukan serangkaian transformasi. Salah satu hasilnya adalah perubahan nama divisi kami menjadi Customer Experience. Maka dari itu, seluruh insan yang berada didalamnya, harus memahami betul apa maksud dari strategi ini, apa tujuannya dan bagaimana cara mencapainya.
Menurut Gentile (2007), Customer Experience didefinisikan berasal dari satu set interaksi antara pelanggan dan produk, perusahaan, atau bagian dari organisasi, yang menimbulkan reaksi.
Nah menurut opini Saya sendiri, Customer Experience adalah satu rangkaian kesimpulan dari seluruh pengalaman dan persepsi yang dimiliki oleh pelanggan terhadap satu perusahaan atau brand, dan kesimpulan itu diyakini sendiri sebagai satu tolak ukur apakah akan tetap membeli produk atau menggunakan jasa perusahaan tersebut.
Mengapa Customer Experience menjadi penting bagi perusahaan ?
Seperti paparan pada teori diatas, Customer Experience dewasa ini menjadi penting bagi setiap perusahaan yang ingin tetap eksis ditengah persaingan yang ketat. Hal itu disebabkan karena pertumbuhan pelanggan yang melambat namun kompetitor bermunculan dan semakin menjamur. Pelanggan bisa dengan mudah pergi dan memilih produk sejenis dari kompetitor hanya karena hal sepele.
Pengalaman yang buruk menjadi salah saktu faktor terbesar pelanggan pergi dan hinggap di kompetitor. Tentu hal ini merupakan bentuk kerugian yang akan menenggelamkan bisnis secara perlahan. Pengalaman buruk yang dimaksud tentu saja sebagian besar diperoleh dari buruknya pelayanan yang diberikan, seperti dijelaskan oleh Nielsen pada 1998 dalam pie chart berikut :
Gambar tersebut menunjukkan bahwa kekecewaan terhadap karyawan menjadi faktor pendorong terbesar perginya pelanggan. Tidak dapat dipungkiri bahwa di era gadget seperti sekarang, segala cara dilakukan perusahaan untuk memperbaiki pelayanan pelanggannya.
Bagaimana proses munculnya rasa kecewa pelanggan saat menerima pelayanan ?
Sebagai ilustrasi, Bapak Muby sudah beberapa tahun memiliki polis asuransi kesehatan di PT. ABC Insurance. Pada akhir tahun 2024 Bapak Muby mengajukan klaim asuransi atas rawat inapnya di Rumah Sakit Mitra XYZ. Namun setelah mengirimkan berkas klaim melalui email, tidak kunjung menerima balasan, hanya balasan otomatis yang diterima.
Bapak Muby lalu mencari cara lain untuk menghubungi PT. ABC Insurance yaitu melalui Livechat Web. Disana hanya jawaban standar yang diterima. Bapak Muby merasa kecewa dan pelayanan yang diberikan PT. ABC Insurance tidak sesuai harapannya. Dalam benak Bapak Muby, beliau mengira bahwa admin chat dan admin yang membalas email merupakan unit yang sama atau bahkan orang yang sama, mungkin pemikiran ini wajar dan banyak orang juga berpikiran sama.
Rasa kecewa pelanggan memiliki proses yang berbeda dan dampak yang berbeda pula. Ada yang harus mengalami seperti kasus diatas, atau ada juga yang kecewa karena hal lebih sepele atau lebih bahkan besar. Karena adanya Uncertainty itulah maka ketika pelanggan sudah masuk dan meminta pertolongan, setiap karyawan wajib dapat menangani dengan baik.
Bagaimana contoh ekspresi kekecewaan pelanggan ?
Selama bergelut di dunia contact center hampir 12 tahun, Saya menemukan banyak ekspresi kekecewaan dari pelanggan. Mulai dari yang ringan hingga yang berat. Dari mulai verbal hingga ancaman fisik. Dari kata-kata sopan namun bernada ancaman, hingga kebun binatang. Ekspresi itu lantas disalurkan lebih lanjut ke media yang bisa dijangkau seperti media sosial, media massa, bahkan media cetak dan elektronik. Sungguh hal yang sangat dihindari perusahaan jika sampai masuk ke media-media seperti itu karena akan menurunkan citra perusahaan.
Sebagai tahap awal, pelanggan biasanya mencoba berkomunikasi dulu dengan Customer Service perusahaan, namun kerap kali layanan tersebut tidak maksimal hanya dari permasalahan pemilihan kata. Sehingga jalur media pun ditempuh.
Jika Anda adalah seorang Customer Service Officer (CSO), bagaimana cara Anda menjawab chat berikut :
Bapak Muby : Dear Admin, min tolong dong email saya tuh dibales!! masa udah 3 hari gini gak ada balesan sama sekali?? Gimana ini? Berkas klaim saya jadi ngambang ga ada kejelasan !!
Menangani chat seperti itu tentu saja CSO harus memiliki kepekaan atas permasalahan. Teknik menangani secara umum dibagi kedalam 3 tahap yaitu 3M : Meminta maaf, Menunjukkan Empati, dan Menunjukkan keinginan membantu dan menyelesaikan.
Sekalipun Anda mengetahui bahwa sebenarnya ada kekurangan dari sisi berkas klaim yang dimaksud, tetapi ketika pelanggan sudah memulai percakapan dengan kalimat seperti diatas, maka gunakanlah rumus 3M. Pertama-tama sampaikan permohonan maaf atas keterlambatan membalas email, sampaikan bahwa hal tersebut seharusnya tidak terjadi. Tunjukkan empati dengan menuliskan betapa menunggu 3 hari itu cukup melelahkan dan kita juga mungkin akan sedikit kesal apabila email tidak dibalas apalagi sekelas perusahaan. Terakhir sampaikan bahwa Anda benar-benar ingin membantu dan menyelesaikan permasalahan pelanggan tersebut.
Setelah memberikan jurus tersebut baru perlahan kita masuk pada inti pelayanan dengan halus. Menggunakan kalimat bahwa saat ini kita ingin membantu namun untuk kecepatan maka perlu informasi subjek email yang dimaksud, tanggal berapa dikirim dan alamat email yang mengirimnya. Sampaikan bahwa dengan 3 parameter tersebut kita akan dengan mudah menemukan emailnya dan sesegera mungkin menyelesaikan permasalahannya.
Nah dari paparan tersebut, sebagai seorang CSO yang sedang mempelajari layanan berbasis Customer Experience silahkan tuliskan bagaimana Anda meramu teks yang paling mendekati rumus 3M dengan memperhatikan kalimat tidak terlalu panjang lebar ?
"Bapak Muby : Dear Admin, min tolong dong email Saya tuh dibales!! masa udah 3 hari gini gak ada balesan sama sekali?? Gimana ini? Berkas klaim saya jadi ngambang ga ada kejelasan.."
Tuliskan jawabanmu di kolom komentar ya! Ingat, 3M.
Baik Bapak Muby, sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yg Bapak alami, saat ini pengajuan Bapak masih dalam proses analisa berkas, pada dasarnya SLA pengajuan klaim 10HK, namun Bapak Muby tidak perlu khawatir, pengajuan Bapak akan kami bantu prioritaskan, jika sudah selesai proses, kami izin konfirmasi langsung ke nomor handphone Bpk Muby
ReplyDeleteName pleasee 😀
DeleteYth. Bapak Muby
ReplyDeletePerkenalkan saya Caterine yang akan membantu kendala yang Bapak Muby alami.
Sebelumnya kami sampaikan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak Muby alami. Kami memahami kendala terkait proses pengajuan klaim Bapak Muby sehingga Bapak Muby harus meluangkan waktu untuk menghubungi kami. Kami pastikan akan menindaklanjuti kendala yang Bapak alami.
Sehubungan dengan kendala tersebut, mohon dapat Bapak Muby sampaikan subjek email, tanggal pengiriman email, serta alamat email Bapak Muby agar kami dapat melakukan pengecekan lebih lanjut terkait dokumen klaim pada email yang sudah Bapak Muby kirimkan.
Pengajuan klaim akan dianalisa dan prosesnya 10 HK. Namun Bapak Muby tidak perlu khawatir, jika dokumen yang kami terima sudah lengkap dan jelas pengajuan Bapak akan kami bantu prioritaskan.
Thanks Caterine 🤩
Deletetrimakasih bapak muby sudah menghubungi customer care bni life, sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanannya, berdasarkan hasil pengecekan yang kami lakukan pada sistem kami, bahwa untuk saat ini pengajuan klaim bapak masih dalam proses analisa dan verifikasi berkas oleh unit kerja terkait, mohon kesediaan waktunya dapat menunggu, sebagai informasi proses pengajuan klaim ada di 10hari kerja dan apabila terdapat kekurangan berkas akan kami sampaikan kembali agar klaim dapat diproses lebih lanjut.
ReplyDeletevero
Thanks Vero
DeleteDear, Bapak muby
ReplyDeleteTerimakasih sudah menghubungi customer care BNI life.
Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang bapak alami. Kami memahami terkait kendala pengajuan klaim yang bapak muby ajukan. Kami pastikan untuk pengajuan klaim yg bapak ajukan akan segera diproses.
Terkait dengan kendala tersebut, mohon dapat bapak muby sampaikan,.
Subjek email :
Tanggal pengiriman email :
Alamat email :
Agar kami dapat segera melakukan pengecekan lebih lanjut terkait dokumen klaim pada email yang sudah bapak muby kirimkan.
Pengajuan klaim akan segera diproses analisa dan untuk prosesnya 10HK. Mohon dapat ditunggu.
Namun bapak muby tidak perlu khawatir, jika dokumen yang diterima sudah lengkap dan jelas pengajuan bapak segera kami bantu prioritaskan
Thanks Tazkia
DeleteDear Bpk Muby,
ReplyDeleteTerimakasih sudah menghubungi Customer Care BNI Life.
Perkenalkan nama saya Dwi Nadia saya staff yang akan membantu Bapak.
Sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamannya untuk waktu tunggu Bapak yang belum kunjung mendapatkan balasan email dari kami,kami sangat mengerti akan kekecewaan Bapak, namun izinkan saya membantu Bapak kembali untuk memproses terkait dari laporan Bapak yang dimana Klaim yang Bapak Muby ajukan belum ada jawabannya.
Sebagai informasi tambahan Pak,mungkin boleh diberitahukan kembali untuk pengiriman berkas yang Bapak sudah kirimkan dengan subjek nya sudah sesuai ya Pak,dan ditujukan nya ke email kami di care@bni-life.co.id
Kami bantu untuk lakukan pngecekan kembali ya Pak,jika memang berkas yang kami terima sudah lengkap dan sesuai maka pengajuan akan kmi proses maksimal 10 Hari Kerja. Mohon kesediaan Bapak untuk menunggu dan dipastikan dilakukan pengecekan secara berkala ya Pak,dikhawatirkan ada informasi terbaru yang kami informasikan.
Thank You Dwii
DeleteYang terhormat Bapak Muby,
ReplyDeleteSebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanannya.
Sehubung dengan email Bapak Muby mengenai informasi klaim peserta atas nama Muby, terkait dengan informasi tersebut saat ini klaim masih dalam proses koordinasi dengan unit terkait dan telah kami _reminder_ untuk diprioritaskan. Mohon kesediaan tambahan waktu Bapak Muby untuk dapat menunggu informasi selanjutnya, Apabila sudah terdapat informasi ter _update_ akan kami informasikan pada balasan email selanjutnya.
Mohon kesediaan Bapak Muby dapat menginformasikan alamat email yang sebelumnya Bapak kirimkan agar dapat kami bantu pengecekan pada inbox email layanan kami.
Sebagai informasi pengajuan klaim akan diproses 10 hari kerja sejak dokumen lengkap dan diterima oleh BNI Life.
Sekali lagi mohon maaf atas ketidaknyamananya
Thanks Hilda
Delete
ReplyDeleteYang Terhormat Bapak Muby,
Terima kasih telah menghubungi layanan customer care BNI-Life
Perkenalkan saya Almiranti staff customer experience EB Helpdesk yang akan membantu Bapak.
Sebelumnya kami memohon maaf atas keterlambatan kami merespon email Bapak,
Perihal status pengajuan Klaim Bapak Muby apabila kami bantu lakukan pengecekan pada sistem saat ini masih dalam proses verifikasi dan analisa lebih lanjut oleh unit kerja terkait kami.
Untuk pengajuan klaim yang Bapak Muby ajukan memerlukan waktu proses maksimal 10 hari kerja dari berkas benar di terima oleh BNI-Life. Jika ada hal lain-lain terkait dengan pengajuan klaim Bapak Muby akan kami bantu sampaikan kembali pada email kami selanjutnya.
Sebagai informasi tambahan Bapak Muby dapat melakukan pengecekan secara berkala dengan mengakses layanan customer portal kami di www.bni-life.co.id atau soscial media kami di @bnilifeid atau dapat menghubungi customer care di 1500045.
Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyamannya.
Almiranti Diah Pramundita
Customer Experience
EB Helpdesk
Thanks Almmi
DeleteYang terhormat Bapak Muby,
ReplyDeleteSebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Bapak Muby.
Sehubungan dengan email Bapak Muby mengenai informasi pengajuan klaim masih dalam koordinasi dengan unit terkait kami. Adapun terkait dengan pengajuan Bapak Muby tidak perlu khawatir dikarenakan pengajuannya akan kami koordinasikan kembali dan kami prioritaskan. Mohon kesediaan tambahan waktu untuk menunggu informasi selanjutnya.
Pada dasarnya pengajuan klaim akan diproses 10 hari kerja sejak dokumen lengkap dan diterima oleh BNI Life.
Sekali lagi mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami.
Thank you Dira
DeleteYang terhormat Bapak Muby. Sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanannya yang saat ini Bapak alami, bahwa pengajuan klaim Bapak saat ini masih dalam proses analisa oleh unit kerja terkait kami, mohon kesediaan Bapak Muby dapat menunggu proses selanjutnya. Sebagai informasi proses pengajuan klaim selama 10 hari kerja sejak berkas diterima dengan lengkap dan jelas oleh unit terkait kami. Apabila terdapat kekurangan berkas akan kami sampaikan kembali agar klaim dapat diproses lebih lanjut.
ReplyDeleteTrims Firka
DeleteYang Terhomat Bapak Muby,
ReplyDeleteTerima kasih telah menghubungi layanan email care.
Perkenalkan saya Tannya, dengang senang hati yang akan membantu Bapak Muby.
Sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak Muby alami, pada dasarnya pengajuan klaim polis group perusahaan melalui email akan diproses dalam waktu 10 hari kerja sejak berkas dinyatakan dengan lengkap dan dianalisa oleh unit kerja terkait.
Atas hal tersebut, mengenai status klaimnya saat ini akan kamu bantu koordinasikan dengan unit kerja terkait untuk dapat diprioritaskan. Mohon kesediaan Bapak Muby kesediaan tambahan waktu untuk menunggu, apabila ada konfirmasi lebih lanjut akan kami konfirmasikan kembali melalui layanan email.
Sekali lagi mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak Muby alami.
Customer Experience
Tannya
Thanks Tannya
DeleteYang Terhormat Bapak Muby,
ReplyDeleteTerima kasih telah menghubungi layanan Customer Care BNI Life.
Perkenalkan saya Shinta, staf Customer Experiance yang akan membantu Bapak.
Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya.
Sehubungan dengan email Bapak Muby pada tanggal xx/xx/xxxx pukul xx:xx, perihal permintaan informasi status pengajuan klaim peserta atas nama Muby nomor peserta xxxx-kesxxxxx sebesar Rp xxxxxx, sesuai hasil pengecekan kami pada sistem untuk berkas klaim Bapak Muby telah diterima dan diregistrasi pada tanggal xx/xx/xxxx yang mana saat ini klaim sedang dalam proses analisa dan verifikasi oleh unit kerja terkait kami. Dan dapat kami informasikan bahwa untuk proses klaim reimbursement membutuhkan maksimal waktu 10 hari kerja sejak berkas lengkap dan benar diterima di BNI Life.
Oleh karenanya mohon kesediaan Bapak Muby menunggu proses tersebut.
Apabila terdapat informasi update untuk proses klaim Bapak, maka akan segera kami sampaikan pada email kami selanjutnya.
Sekali lagi kami memohon maaf atas ketidaknyamananya.
Sebagai informasi tambahan Bapak Muby dapat melakukan pengecekan secara berkala dengan mengakses layanan customer portal kami di www.bni-life.co.id atau soscial media kami di @bnilifeid atau dapat menghubungi customer care di 1500045
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.
Hormat kami,
Shinta Aprilenisia
Customer Experience
Eb Helpedesk
Thank You Shinta
DeleteYang Terhormat Bapak Muby,
ReplyDeleteTerima kasih telah menghubungi layanan customer experience BNI Life
Perkenalkan saya Angel yang akan membantu Bapak.
Sebelumnya kami memohon maaf atas keterlambatan kami dalam merespon email Bapak Muby dan hal tersebut akan menjadi bahan perbaikan kami kedepannya.
Sesuai dengan pengecekan yang kami lakukan, untuk pengajuan klaim Bapak Muby saat ini masih dalam proses analisa dan verifikasi berkas klaim oleh unit kerja terkait kami.
Sebagai informasi untuk proses pengajuan klaim memerlukan waktu maksimal 10 hari kerja terhitung sejak berkas diterima dengan benar dan lengkap oleh BNI Life.
Namun Bapak Muby tidak perlu khawatir, perihal dengan pengajuan klaim Muby sedang kami bantu koordinasikan lebih lanjut dengan unit kerja terkait agar dapat diprioritaskan.
Mohon kesediaan waktu Bapak Muby menunggu dan akan kami update secara berkala pada email balasan kami selanjutnya.
Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyamannya.
Hormat Kami,
Angel
Customer Experience
Terimakasih Angel
DeleteYang terhormat Bapak Muby,
ReplyDeleteSebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami saat ini.
Sehubungan dengan konfirmasi Bapak Muby terkait pengajuan klaim, bahwa saat ini pengajuan klaim masih dalam proses lebih lanjut oleh unit kerja terkait kami. Pada dasarnya pengajuan klaim diproses 10 hari kerja sejak berkas diterima dengan lengkap dan jelas oleh unit kerja terkait kami. Mohon kesediaan Bapak Muby menunggu proses selanjutnya atau dapat melakukan pengecekan berkala pada layanan kami.
Apabila terdapat informasi lebih lanjut atau kekurangan berkas terkait pengajuan klaim Bapak Muby, akan kami konfirmasikan kembali.
Adapun agar dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut terkait konfirmasi email yang Bapak Muby kirimkan, mohon kesediaan Bapak menginformasikan tanggal pengiriman email, subjek email, dan alamat email pengirim.
Kami menunggu konfirmasinya.
Sekali lagi mohon maaf atas ketidaknyamanannya.
Customer Experience
Hera
Thank You Hera
DeleteYang terhormat Bapak Muby,
ReplyDeleteSebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Mengenai hal tersebut dapat kami informasikan bahwa pengajuan klaim saat ini masih dalam proses analisa dan verifikasi oleh unit terkait selama 10 hari kerja terhitung dari berkas pengajuan klaim diterima lengkap dan tidak ada yang tertunda.
Sebelumnya Bapak Muby tidak perlu khawatir, karena akan ada pemberitahuan mengenai status klaim yang telah diajukan melalui layanan email.
Sebagai informasi, Bapak Muby dapat melakukan pengecekan status klaim melalui layanan call center di 1500045 atau layanan live chat di www.bni-life.co.id dengan senang hati akan kami bantu.
Demikian yang dapat kami sampaikan. Sebelummya mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan terima kasih.
Abdul Hafizh
Customer Experience
EB Helpdesk
Trims Fiz...
DeleteYang Terhormat Bapak Muby
ReplyDeleteSebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami saat ini.
Berdasarkan hasil pengecekan yang kami lakukan. Dapat kami informasikan, saat ini pengajuan klaim Bapak masih dalam proses verifikasi dan analisa lebih lanjut oleh unit terkait kami.
Sebagai informasi, mengenai proses pengajuan klaim memerlukan waktu 10 kerja terhitung sejak berkas diterima dan lengkap oleh BNI Life.
Namun Bapak tidak perlu khawatir, dikarenakan saat ini sedang kami upayakan dan memprioritaskan klaim Bapak dapat diproses sesuai nominal kuitansi dan benefit yang Bapak miliki. Mohon memberikan tambahan waktunya Bapak untuk menunggu.
Hormat kami,
Nico A. Permana
Customer Experience
Terimakasih Nico
DeleteYang terhormat Bapak Muby,
ReplyDeleteSebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami saat ini.
Sehubungan dengan konfirmasi Bapak terkait pengajuan klaim, bahwa saat ini pengajuan klaim masih dalam proses lebih lanjut oleh unit kerja terkait kami untuk di verifikasi dan analisa lebih lanjut.
mengenai proses pengajuan klaim memerlukan waktu 10 hari kerja terhitung sejak berkas diterima dan lengkap di kantor pusat.
Oleh karenanya mohon kesediaan Bapak Muby menunggu proses tersebut.
Apabila terdapat informasi update untuk proses klaim Bapak, akan segera kami sampaikan pada email kami selanjutnya.
Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyamannya.
Demikian yang dapat kami sampaikan. Sebelummya mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan terima kasih.
Ubaidillah
Customer Experience
Trims Ubai
DeleteDear Bapak Muby yang terhormat,
ReplyDeletePerkenalkan saya Suci staff yang akan membantu Bapak,
Sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanan, saya sangat mengerti dengan kendala yang bapak alami jika saya berada di posisi Bapak mungkin saya akan melakukan hal yang sama.
Namun Bapak tidak perlu khawatir terkait dengan kendala proses klaim yang Bapak sampaikan akan kami bantu follow up ke unit kerja terkait, namun sebelumnya apakan boleh diinfokan terkait tgl pengiriman berkas klaimnya beserta data Bapak sesuai polis agar bisa dibantu pengecekan terlebih dahulu.
Jika Bapak sudah mengirimkan data yang diminta agar segera dibantu pengecekan terkait status klaim Bapak, dan apabila ada informasi lebih lanjut dengan senang hati saya akan segera konfirmasi kepada Bapak atau Bapak dapat menghubungi Call Center kami 1 500 045 atau Email Care@bni-life.co.id.
Best Regard,
Suci - Customer Experience
Thanks Suci
DeleteYang terhormat Bapak Muby,
ReplyDeleteMohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami saat ini.
Terkait dengan kendala tersebut, mohon dapat menginformasikan tanggal dan waktu pengiriman email, subjek email dan alamat email yang telah dikirimkan, agar dapat kami bantu lakukan pengecekan lebih lanjut.
Adapun terkait pengajuan klaim yang telah diterima pada tanggal **/**/**** saat ini masih dalam proses analisa oleh unit kerja terkait. Mohon kesediaan Bapak Muby untuk menunggu informasi selanjutnya dan dapat melakukan pengecekan secara berkala melalui layanan kami care@bni-life.co.id.
Sebagai informasi pengajuan klaim akan diproses selama 10 hari kerja sejak berkas diterima dengan lengkap oleh BNI Life.
Sekali lagi mohon maaf atas ketidaknyamanannya.
Dea Alpira Siregar
Customer Experience
Thanks Dea..
DeleteDear Bapak Muby yang terhormat,
ReplyDeletePerkenalkan saya Jessi, saya staff yang akan membantu Bapak,
Sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanan, saya sangat memahami kendala yang Bapak Muby alami saat ini, tentunya betul jika saya berada diposisi Bapak saya akan melakukan hal yang sama.
Bapak tidak perlu khawatir terkait dengan klaim yang Bapak Muby ajukan memang membutuhkan waktu 10 hari kerja dari berkas klaim diterima dengan lengkap dan sesuai dan jika memungkinkan akan membutuhkan waktu lebih, namun adanya kendala dalam proses ini akan saya bantu follow up ke unit kerja terkait kami sudah sejauh mana prosesnya, jika nanti sudah ada informasi lebih lanjut akan segera saya konfirmasikan kepada Bapak Muby atau Bapak dapat menghubungi kami kembali Call Center kami 1 500 045 atau Email Care@bni-life.co.id.
Best Regard,
Jessi - Customer Experience
Trims Jess
DeleteDear Bapak Muby,
ReplyDeleteSebelumnya mohon maaf atas ketidak nyamanannya, dan kami sangat memahami atas kendala yang terjadi ya Pak yang menyebabkan Bapak Muby harus meluangkan waktu lebih untuk mengkonfirmasi kembali melalui email, sekali lagi kami mohon maaf ya Pak.
Namun disini Bapak Muby Tidak perlu khawatir akan kami bantu prioritaskan ya Pak untuk itu boleh di informasikan Pak Muby untuk Subjek email yang digunakan, Tanggal dan waktu pengirimannya agar kami dapat segera melakukan pengecekan.
Kami informasikan juga ya pak untuk terkait proses klaimnya akan di proses yaitu 10 Hari Kerja sejak berkas diterima lengkap dan sesuai di Kantor Pusat BNI Life
Dan apabila sudah ada informasi terupdate akan segera kami informasikan.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, sebelumnya mohon maaf atas ketidak nyamanannya dan terima kasih.
Warm Regrads,
Elsa Fransisca D
Customer Experience
Trims Elsa
DeleteBaik Pak Muby, kami memahami apa yang dirasakan bapak saat ini dan kami meminta maaf atas ketidaknyamanan sebelumnya
ReplyDeleteBapak tidak perlu khawatir, setelah kami bantu pengecekan pada sistem kami, email pengajuan klaimnya sudah diterima namun masih dalam proses.
Jikapun ada berkas yang belum sesuai akan kami konfirmasikan kembali kepada bapak, untuk informasi proses pengajuan akan kami proses 10 hari kerja mohon ketersediaan menunggu
Dan jika berkas sudah diterima lengkap dan sesuai pengajuan bapak akan kami proses dan diprioritaskan
thanks.. name pleasee??
DeleteYth. Bapak Muby,
ReplyDeletePerkenalkan saya Selvi yang akan membantu permasalahan Bapak.
Sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak rasakan. Kami sangat memahami terkait kendala yang Bapak alami.
Mengenai pengajuan klaim yang Bapak ajukan, saat ini masih dalam proses koordinasi oleh unit terkait kami.
Oleh karena itu, Bapak Muby tidak perlu khawatir karena kami akan membantu menindaklanjuti permasalahan Bapak kepada unit terkait.
Pada dasarnya pengajuan klaim akan diproses dalam waktu maksimal 10 hari kerja sejak dokumen diterima lengkap. Namun, kami akan bantu prioritaskan permasalahan tersebut dan menghubungi Bapak kembali jika proses klaim telah selesai.
Thanks Selvi
DeleteKepada Yth,
ReplyDeleteBapak Muby
Terima kasih atas email Bapak Muby kirimkan dan kami mohon maaf atas keterlambatan dalam membalas pesan Bapak. Kami memahami kekhawatiran Bapak terkait klaim yang belum mendapatkan tanggapan. Kami ingin memastikan bahwa klaim Anda tetap menjadi prioritas kami dan saat ini sedang dalam proses verifikasi.
Kami akan segera memeriksa status klaim Bapak Muby dan memberikan informasi lebih lanjut dalam waktu dekat. Kami menghargai kesabaran Bapak dalam proses ini dan kami akan berusaha untuk memberikan kejelasan secepat mungkin.
Jika Bapak Muby memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami kembali
Terima kasih atas perhatian Bapak.Sekali mohon maaf atas ketidaknyamannya.
Hormat kami,
Tiwi,
Customer Experience
PT.BNI LIfe Insurance
Thanks Wi
DeleteYang Terhormat Bapak Muby,
ReplyDeletePerkenalkan saya Dinda staff yang akan membantu bapak.
Sebelumnya saya memohon maaf atas ketidaknyamanannya, terkait dengan kendala yang bapak alami akan kami tindaklanjuti ke unit kerja terkait. Tentunya jika saya ada di posisi bapak saya akan melakukan hal yang sama. Namun, Bapak tidak perlu khawatir perihal apa yang bapak sampaikan akan kami segera proses mengikuti prosedur yaitu 10 hari kerja sejak dokumen kami terima lengkap di kantor pusat. Apabila ada kekurangan dokumen akan segera kami informasikan kembali.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan. Sekali lagi mohon maaf Bapak atas ketidaknyamanannya.
Hormat kami,
Dinda Putri Ismail
Customer Experience
Thanks Din
DeleteYang Terhormat Bapak Muby,
ReplyDeleteTerimakasih atas konfirmasi yang telah Bapak sampaikan melalui email.
Perkenalkan saya Cyntia Staf Korespondensi yang akan membantu Bapak.
Sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami.
Sehubungan dengan konfirmasi Bapak Muby mengenai keluhan pengajuan klaim yang diajukan melalui layanan email, agar dapat memudahkan kami melakukan pengecekan lebih lanjut mohon dapat dibantu untuk melampirkan kembali email yang telah dikirimkan sebelumnya kepada kami.
Namun Bapak Muby tidak perlu khawatir, pada dasarnya pengajuan klaim reimbursement akan diproses verifikasi dan analisa lebih lanjut maksimal 10 hari kerja sejak dokumen lengkap dan benar diterima di BNI Life. Kami akan tetap berkomitmen untuk memproses pengajuan klaim reimbursement tersebut merujuk pada email pertama kali Bapak kirimkan kepada kami.
Kami turut prihatin dengan pengalaman yang Bapak alami. Kepuasan Bapak Muby sangat penting bagi kami dan menjadi perhatian kedepannya. Sekali lagi kami memohon maaf atas ketidaknyamanannya.
Hormat kami,
Cyntia
Trims Cintya
DeleteYang terhormat Bapak Muby,
ReplyDeleteTerima kasih sudah menghubungi Customer Care BNI Life.
Sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang telah Bapak alami.
Perkenalkan saya Asari yang akan membantu Bapak. Terkait dengan pengajuan yang telah Bapak ajukan saat ini sedang dalam proses unit terkait kami. Pengajuan akan diproses selama 14 hari kerja tidak terhitung Sabtu, Minggu maupun hari libur nasional.
Namun Bapak tidak perlu khawatir, dikarenakan saat ini sedang kami upayakan dan memprioritaskan klaim Bapak dapat diproses.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyaman yang Bapak alami.
Regards,
Asari
Thanks Riski
DeleteYang Terhormat Bapak Muby,
ReplyDeleteTerima kasih telah menghubungi layanan customer care BNI-Life
Perkenalkan saya Rian, saya staff yang akan membantu Bapak.
Sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamannanya.
Baik Bapak, Berkaitan dengan pengajuan klaim yang Bapak Muby ajukan memerlukan waktu proses maksimal 10 hari kerja dari berkas benar di terima oleh BNI-Life.
Jika ada ada hal-hal yang ingin ditanyakan kembali, dipersilahkan menghubungi kami di care@bnilifeid atau dapat menghubungi customer care di 1500045.
Sekali lagi mohon maaf atas ketidaknyamannya dan Terimakasih telah menghubungi BNI Life.
Selamat Pagi..
Kepada yan terhormat Bapak Muby, perkenalkan saya Edi.
ReplyDeleteSebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang bapak alami, kami sangat mengerti sekali kondisi yang Bapak Muby alami. Kami selalu doa kan bapak dan keluarga selalu di berikan kesehatan kedepan nya.
Terkait proses klaim yang Bapak Muby ajukan saat ini sedang dalam proses analisa tim kerja terkait.
Untuk batas waktu pengajuan klaim dapat ditunggu maksimal 10 hari kerja terhitung berkas kami terima lengkap. Dan apabila terdapat kekurangan berkas nantinya akan kami informasikan kembali pada email selanjutnya.
Mohon maaf atas ketidaknyamanannya Bapak Muby, sehat dan sukses selalu.
Edi Minarcoko
Customer Experience
ReplyDeleteDear Bapak Muby,
Perkenalkan saya Moni staff yang akan membantu Bapak. Terimakasih atas email yang sudah Bapak kirimkan dan sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami, tentunya Saya akan merasakan hal yang sama apabila berada di posisi Bapak.
Saat ini pengajuan Bapak sudah kami terima dan masih dalam proses analisa berkas dengan SLA maksimal nya selama 10HK, namun Bapak tidak perlu khawatir karena akan segera Kami prioritaskan, mohon ditunggu ya Bapak Muby
Moni,
Customer Experience
Hallo Bapak Muby,
ReplyDeletePerkenalkan saya kiki yang akan membantu bapak muby.
Terimakasih pengajuan bapak muby sudah kami terima ya, mohon maaf bapak muby perihal balasan email yang belum bapak muby terima,bapak muby perihal klaim yang bapak ajukan saat ini sedang dalam koordinasi ke unit kerja terkait, pengajuan klaim akan di analisa dan di proses maksimal 10 hari kerja.
Bapak muby tidak perlu khawatir jika klaim bapak muby diperlukan tambahan dokumen lain kami akan informasikan kepada bapak muby, apabila bapak muby ada hal yang ingin ditanyakan perihal pengajuan klaim nya, bapak muby silahkan bisa hubungi kami kembali, dengan senang hati saya akan membantu bapak muby.
Regards
Customer Experience - Kiki Ari Septiani
Yang Terhormat Bapak Muby,
ReplyDeleteTerimakasih atas konfirmasi yang telah Bapak sampaikan.
Perkenalkan saya Tiara Staf yang akan membantu Bapak.
Sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak Muby alami saat ini.
Adapun untuk pengajuan klaim yang Bapak ajukan, saat ini masih dalam proses analisa unit kerja terkait kami. Namun Bapak Muby tidak perlu khawatir, apabila pengajuan klaim Bapak terdapat kekurangan berkas, akan segera kami sampaikan agar klaim dapat diproses lebih lanjut.
Sebagai informasi pengajuan klaim diproses 10 hari kerja sejak dokumen diterima dengan lengkap dan jelas oleh BNI Life.
Sekali lagi mohon maaf atas ketidaknyamananya.
Yang terhormat Bapak Muby,
ReplyDeletePerkenalkan saya Rizkal Staff yang akan membantu Bapak Muby.
Sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami saat ini.
Sehubungan dengan konfirmasi Bapak terkait pengajuan klaim, bahwa saat ini pengajuan klaim masih dalam proses lebih lanjut oleh unit kerja terkait kami untuk di verifikasi dan analisa lebih lanjut.
Mengenai proses pengajuan klaim memerlukan waktu 10 hari kerja terhitung sejak berkas diterima dengan lengkap di kantor pusat.
Oleh karena itu mohon kesediaan Bapak Muby menunggu proses klaim saat ini. Bapak muby tidak perlu khawatir, apabila terdapat informasi update mengenai proses klaim Bapak Muby, akan segera kami sampaikan pada email kami selanjutnya.
Demikian yang dapat kami sampaikan. Sebelummya mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan terima kasih.
Warm Regards,
Rizkal,
Customer Experience
Dear Bapak Muby,
ReplyDeletePerkenalkan saya Janri Staf yang akan membantu Bapak.
Mohon maaf atas keterlambatan respon email yang Bapak Muby kirimkan, kami mengerti atas kendala yang bapak alami. Sehubungan dengan kendala pengajuan klaim yang di ajukan saat masih dalam kordinasi dengan unit terkait, pengajuan klaim yang Bapak Muby ajukan sudah kami prioritaskan dan terus kami lakukan follow up agar klaim yang bapak ajukan segera terselesaikan. Mohon kesedian tambahan waktunya ya Pak. Segera kami akan informasikan untuk keberlanjutan hasil kordinasi dengan unit terkatnya ya Pak. Untuk yang kesekian kalinya kami memohon maaf atas kendala yang Bapak Muby alami.