Thursday 1 August 2019

Kompetensi Dasar yang Wajib Dimiliki Peserta Lomba The Best Contact Center Indonesia, Kalo Pengen Juara !!



Siapa bilang berkarir di dunia Contact Center tidak bisa berprestasi ? 

Ternyata ada lho, lembaga yang berfokus pada pengembangan SDM Contact Center dengan cara melaksanakan lomba tahunan tingkat nasional. Lembaga tersebut bernama Indonesia Contact Center Association (ICCA), dan lomba tahunan tersebut bernama The Best Contact Center Indonesia (TBCCI).

Lomba TBCCI ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2007, berarti penyelenggaraan di tahun 2019 ini adalah yang ke-12 kali. Ada 3 besaran kategori yang diselenggarakan yaitu Lomba Program Korporat, Lomba Kerjasama Tim dan Lomba Individu. Nah kali ini saya bahas lomba individu.

Sekitar 38 kategori yang diperlombakan dalam ajang bergengsi ini, dan secara garis besar dibagi kedalam kategori Staff (Agent), Leader dan Specialist. Lomba Individu baik kategori staff, leader maupun specialist dibagi kedalam 2 tahap yaitu tes tertulis dan presentasi. Jarak waktu tes tertulis ke presentasi itu lama lho, bisa satu bulan bahkan (pernah) lebih ! Jadi lomba ini bukan hanya berlangsung 1 hari saja, namun memakan waktu yang cukup lama prosesnya.

Apa Aja Sih Syarat Ikut Lombanya ?

Syaratnya mudah, kamu cukup berkarir di Contact Center apapun (perbankan, asuransi, FMCG, transportasi, telekomunikasi, e-commerce, dst) minimal 6 bulan masa kerja ya. Lomba ini tidak memandang status pegawai tetap atau outsource, semua boleh bertanding dengan fair tanpa perbedaan.

Lalu, Apa yang Membedakan Kelas antar Contact Center ?

Meskipun nantinya ada kemungkinan-kemungkinan seperti contoh : Industri Perbankan bertemu FMCG, tapi jangan sedih kak ! Yang membuat lomba ini Fair Enough adalah pembagian berdasarkan jumlah kursi yang terpasang. Jika jumlah kursi yang terpasang di contact center tersebut kurang dari 30 kursi, maka masuk kategori Small. Jika diatas 30 namun kurang dari 100 maka termasuk kategori Medium, dan apabila kursi terpasang diatas 100 maka termasuk dalam kategori Large.

Semakin banyak jumlah kursi terpasang, maka dapat dipastikan proses bisnisnya pun lebih rumit atau layanan yang diberikan lebih banyak. Sebaliknya, semakin sedikit kursi terpasang maka proses bisnisnya lebih sederhana. Itulah yang mendasari perbedaan kelas berdasarkan jumlah kursi terpasang. Fair banget bukan ?

Ok. Menarik, lalu Gimana Caranya Supaya jadi Juara ?

Eits, sabar Bapak... Tidak ada yang instan, Indomie pun perlu direbus dan ada prosesnya sebelum bisa disantap. He he he...

Pertama, yang harus diketahui adalah lomba ini mencari 4 pemenang di setiap kategorinya. Juara 1 akan memperoleh medali Platinum, juara 2 Gold, ketiga Silver dan yang keempat adalah Bronze.
Kebayang gak tuh, dari sekitar 38 kategori, dikali 4 pemenang per kategorinya ?


Banyak peserta tentu ingin keluar sebagai juara 1, meskipun ada juga yang ikut hanya sekedar ikut untuk jajal mental dan keberanian saja. Tapi sayang sekali kalo gak maksimal, jadinya hanya buang-buang waktu, tenaga, dan uang. Loh ? Uang ? ya benar. Lomba ini membutuhkan biaya pendaftaran, selain itu, akan ada biaya lain yang mungkin akan keluar selama proses kamu latihan, persiapan, dan lain-lain. Nilainya relatif, tergantung kamu mau latihan dimana.

Terus Gimana Caranya Jadi Juara 1 ?

Agak gak sabaran ya Bapak ini...
Proses lomba individu dibagi dalam 2 tahap yaitu tes tertulis dan presentasi. Penyelenggaraan tes tertulisnya sangat profesional, seperti ujian nasional atau SMBPTN. Hasil nilai tes tertulis akan langsung diketahui saat itu juga, Loh !

Setelah selesai melaksanakan ujian tertulis, peserta harus mempersiapkan bahan presentasi sesuai template yang telah disediakan oleh panitia penyelenggara, ICCA. Templatenya berbeda untuk setiap kategori, tetapi ada bagian-bagian tertentu yang sama dan pasti ada di setiap kategori, seperti Profil, Tugas dan Tanggungjawab, Pencapaian Kinerja dan Motivasi Pengembangan Pelayanan.

Iya, Ok. Lalu ?

Baik ! Begini. Setidaknya ada 7 kompetensi dasar yang utama dan wajib dimiliki oleh peserta yang pengen banget dapet medali (apapun itu ya mau juara 1 atau juara 4 sekalipun).

1. Kompetensi #1 Pengetahuan Contact Center
2. Kompetensi #2 Pengetahuan Pelayanan
3. Kompetensi #3 Keterampilan Membuat Konten Presentasi
4. Kompetensi #4 Keterampilan Teknis Membuat Slide Presentasi
5. Kompetensi #5 Keterampilan Teknis Alat Bantu Presentasi
6. Kompetensi #6 Keterampilan Presentasi & Public Speaking
7. Kompetensi #7 Keterampilan Menjawab Pertanyaan Fishbowl

Nah, sampai sini dulu aja ya nanti selanjutnya dibahas satu persatu dari masing-masing kompetensi tersebut. Tunggu tanggal mainnya, Salam Juara !

No comments:

Post a Comment